Rabu, 11 Mei 2016

Menyelam dengan Hiu Paus

Tanggal 30 April 2016, saya memulai lagi trip diving ke Gorontalo, setelah 2 tahun lebih saya tidak menyelam sama sekali. Dan lucunya diving terakhir saya di Oktober 2013 adalah di Gorontalo dengan Dive center yang sama :)... diving trip kali ini ada yang hilang sebenarnya, biasanya saya pergi diving dengan pacar saya dan adik saya, kali ini pacar saya tidak ikut diving lagi dengan saya, we're already broke up in Februari. Yaaaaa dan pada saat saya berangkat ke Gorontalo, dia baru saja pulang bulan madu dengan bininya :(... hoaaaaa back to the topic, diving!! 

Di gorontalo sebulan ini lagi rame ttg Hiu Paus, penasaranlah saya dan adik saya, kami akhirnya setuju untuk kembali diving di sana demi melihat whale shark (Hiu Paus), oh iyaa, untuk dikalangan pencinta diving, whale shark adalah salah satu mahluk bawah laut yang paling fenomenal (cieee bahasanyaaa...) Saya akhirnya kembali mengontak Dive Center yang pernah kami gunakan namanya Aqua Diving Center (PIC: Pak Yunan- 082191222456), awalnya tanggal 5-8 mei itu penuh, sudah tidak ada seat buat kami berdua. So akhirnya kami putuskan datang diving tgl 30 april s/d 3 mei 2016, dan seat-nya available. saya lalu mengajak salah satu teman cewek yang juga suka diving nama-nya Yuli, dan ternyata dia bisa walaupun saya menghubungi dia agak mendadak. Demi whale shark kami bela-belain datang bukan pada saat long weekend, tapi mengambil cuti sehari (ijin sih lebih tepat-nya :P). Jadi bertemulah kami semua di Gorontalo, saya dari Manado, adik saya dari Pekanbaru, dan Yuli dari Jakarta.


Saya beruntung banget di tiap kota yang sering saya datangin itu saya punya teman-teman akrab, jadi kalau saya datang berlibur ke kota mereka pasti saya dijamu oleh mereka :). Di gorontalo saya punya teman dekat namanya Meti, dia menjamu kami makan seafood di RM Melki, ikan-nya enakkk, kuah asamnya juaraaa...thank you Meti for treat us...

 Back to diving yaa... our 1st diving pagi itu dimulai jam 05.30, so can you imagine how cold the water???kami bangun jam 04.30, dan saya hanya bisa tidur selama 2jam saja, krn pikiran masih kemana2 (alias liat mantan update status dengan bini-nya :(, ngapain juga pantengin timeline path yaa??). Jadi ceritanya diving kali ini adalah usaha menghibur diri supaya bisa melupakan kesedihan dan kegalauan ditinggal kawin (lebay.com)..Pagi itu kami dapat teman diving baru, namanya Tirta, mahasiswa S2 dari Bandung :), jadilah kami ber-4 diving pagi itu. Spot diving yang pertama sudah pasti adalah spot Whale Shark..(yuhuuuuuuu...sok berani,padahal cupuuu). 


Nama site-nya Pantai Batu Barani. Sejak demam whale shark, pantai-nya jadi rame banget sama warga lokal yang ingin melihat hiu paus. Kami sangat beruntung pagi itu, pada saat kapal nyampe di site, kami lagi siap-siapin gears, ehh didatangin sama satu ekor whale shark, dia sepertinya tau kami akan nyemplung main dengan mereka. dan tidak sabar akhirnya kami byuuurrrr....byurrrrr...byurrrrr...byurrrrrr...byurrrr dan blepppp...bleeppp...bleeepppp... visibility-nya pagi itu lumayan bersih dan guess what??? kami bisa melihat 5 ekor whale shark yang besar-nya antara 8-9meter...How big that fish!!

Pertama kali bertemu dengan whale shark, rasanya pengen teriak tapi ga bisa teriak jadi hanya bisa ngeluarin bunyi-bunyi aneh dari mulut...hihihihihihi..bukan cuma itu sih, saya sebenarnya takut dan panik ketemu dengan ikan sebesar rumahhhh...kerennnnlahhhh pokoknya. Itu adalah diving terbaik saya selama ini. dan saya bersyukur banget bisa melihat salah satu ikan terbesar di dunia dengan mata kepala sendiri. Kami diving kurang lebih 45menit melihat whale shark. 


Pada saat kami kembali ke kapal kami sepakat diving hari ke-2 besok, kami akan kembali ke spot ini. Kami kembali melanjutkan diving yang ke-2 dan ke-3 hari itu di Sunken Sand dan Mirabella. Di Sunken sand, spot-nya untuk muck diving, jadi kita ngeliatnya mahluk-mahluk makro alias hewan mini..berhubung saya tidak punya kamera canggih, jadi saya melewatkan hewan2 mini tersebut. Di Mirabella kita bertemu dengan coral yang sehat dan berwarna warni, pas turun langsung bertemu dengan gerombolan schooling Fish warna kuning biru...entah apa nama ikannya. Di Mirabella banyak ikan aneh-aneh dan lucu-lucu, kami juga bertemu dengan penyu lagi tidur. Diving kami hari itu selesai jam 13.00..itu adalah diving tercepat saya selama ini. 
Over all diving kali ini buat saya the Best!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar