Senin, 16 Mei 2016

Loving Indonesia Underwater a.k.a Menyelam (Bira-Gorontalo)


Tau kan Indonesia itu punya surga-surga pantai dan bawah laut?? Nah termmasuk di Bira dan Gorontalo salah satunya. Ke dua tempat ini memang tidak se-populer Pulau Komodo atau Bunaken atau Lombok. Tapi ketika kalian menginjakkan kaki di pantai dan melihat bawah laut-nya, kalian akan ter-kagum2 karena keindahan-nya tidak kalah dengan pantai-pantai indah di Lombok atau Pulau Komodo. Yang membedakan-nya adalah pengelolaan pantai-pantai dan surga bawah laut-nya, di Lombok atau di pulau Komodo, sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat, sementara di Bira dan Gorontalo yaaa begitulahh (ga perlu saya tulis yaa komentar saya...).

6. Bira-Bulukumba
Yaa, kalau berukunjung ke Sulawesi Selatan tidak lengkap jika kita melihat keindahan pantai-pantai di pesisir selatan, salah satunya Pantai Bira yang terletak di Kabupaten Bulukumba. Dari Makassar untuk mencapai pantai ini sekitar 5 jam menggunakan mobil. Saya sendiri sudah 2x mengunjungi pantai Bira ini. Nah di kunjungan yang ke-2 inilah saya mencoba menyelam untuk melihat keindahan bawah laut-nya. Di Bira sudah ada Dive Center professional dan ada beberapa resort ekspatriat yang juga memiliki dive center. Waktu itu saya menggunakan Bira Divers (0821-9722-2153)

pantai Bara- Bira
Saat kami datang itu bulan Mei 2013 dan cukup berombak dan berangin cuaca-nya.
Dan saat kami diving, bukan hanya ber-3, ada 3 tamu lain juga, yang 2 lagi ngambil license OWD, sementara yang 1orang lagi tamu yang sudah 2 bulan stay di bira untuk diving. Site pertama yang kami datangin itu di Pulau Liukkang. Di site ini kami ternyata harus deep dive ke 30m baru bisa melihat hard coral yang besar-besar dan sehat. Disini saya bisa melihat Table dan Brain Coral yang minta ampun besar-nya. juga anemon yang gede-gede. Ikannya pun berwarna warni dan kami bertemu dengan banyak penyu dan beberapa Eel Moray. Ternyata di dive site tersebut bila beruntung bisa melihat Blacktip Shark lalu lalang. Tapi saat itu kami memang tidak berharap ketemu shark, belum punya nyali..hehehehehehehe.


Nah dive site yang ke-2 namanya Pantai Bara. Yaa, depan pantai Bara ini sangat full colour ikan dan terumbu karang-nya. Selain underwater-nya yang indah, pantai Bara-nya sendiri juga sangat bagus, pasirnya halusss banget, dan kalau sore hari kita bisa melihat reflexi awan-awan dan langit di pasir basah pantai bara. Dari Bira kita bisa melanjutkan perjalanan kita ke Tana Beru. Di Tana Beru inilah tempat membuat Kapal Phinisi yang terkenal itu. Kamu akan melihat pembuatan kapal-kapal yang sudah dipesan oleh pengusaha-pengusaha kapal. Nah kapal-kapal LOB yang biasa kita lihat bertebaran di laut Indonesia rata-rata memesan kapal-nya di sini. Kalau kamu mau pesan kapal phinisi juga, kamu bisa request di kampung ini. Dijamin kokoh dan artistik :)

Tana Beru-Bulukumba
7. Gorontalo
Kota ini sebenar-nya tidak pernah jadi prioritas saya untuk melihat underwater-nya, padahal saya pernah tinggal di kota ini selama setahun tapi memang tidak berkesan sama sekali sehingga saya malas untuk datang berlibur di kota ini. Pada saat saya tinggal di kota ini, saya mengetahui kalau ada resort asing yang juga punya dive center, namanya Black Marlin. Resort ini sangat ekslusive zaman itu, karena itu satu-satunya resort dan dive center di Gorontalo. Karena melihat hal itu, saya yakin tamu-tamu resort itu pasti mencari surga bawah laut dan pantai-pantai indah di Gorontalo, dimana kita yang orang lokal nggak banyak yang tau. Ohh iya, Gorontalo termasuk penghasil ikan Tuna dan Ikan Tongkol terbesar di Indonesia. Di Gorontalo sendiri ada lumayan banyak Dive Site-nya. salah satunya adalah Pantai Batu Barani untuk melihat Whale Shark. Di Gorontalo bertebaran sponge raksasa namanya Salvatore Dali Sponge, dengan berbagai macam bentuk. Saya pertama kali melihat yang bentuknya seperti Ikan Hiu gede
Foto: Dok. Quality Hotel Gorontalo - Edy Sutanto)
Di site yang ke-2 namanya muka kampung, kami bertemu segerombolan Lion Fish mengelilingi sebuah karang kecil dan kami bertemu dengan Flying Gurnard Fish, wuihhhhh seumur-umur baru kali ini saya melihat ikan yang ada sayap dan antena di kepalanya, lucu banget. Selama diving di Gorontalo kami menggunakan operator Aqua Dive Center, dan selama di sana kami menginap di Hotel Grand City, rate-nya 220.000/malam. Hotel-nya bagus dan bersih kok untuk backpacker. 

Saya sengaja membuat jadi 1 halaman pengalaman diving di Bira dan Gorontalo, karena di kedua tempat inilah diving terakhir saya di 2013, dan lucunya di kedua tempat inilah saya diving sampai muntah-muntah karena ombak yang kencang dan tidak sarapan sebelum diving :))

Site Mirabela-Gorontalo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar