Selasa, 12 Juli 2016

Yeeeyy Finally I've Got My UK Visa

Yappp kali ini kunjungan saya Negeri Ratu Elzabeth, yess United Kingdom. Udah tau kan kalau mau ke UK kudu pake visa, maka dengan terpaksa saya mengurus sendiri visa UK-nya tanpa agen. Yaaa biaya-nya memang lebih mahal, karena saya harus datang sendiri ke VFS Global di Kuningan City-Jakarta sementara saya tinggal-nya di Manado. Jadi saya mengeluarkan biaya pesawat Manado-Jakarta PP :)

Mudah-mudahan next trip saya bisa kembali mengurus visa sendiri. Berikut yang harus disiapkan untuk pengurusan visa-nya:

1. Passport yang masih berlaku
Saya juga menyertakan Passport Lama saya, buat jaga-jaga aja sih sebenar-nya :) 
2. Siapkan Dokumen Identitas
   Akte Kelahiran, KTP, Kartu Keluarga     
Untuk dokumen identitas yang ini, UK agak berbeda dengan negara2 lain,dokumen tersebut harus di translate ke Bahasa Inggris. Ada kok jasa untuk men-translate Akte Kelahiran,KTP dan Kartu Keluarga. Ada beberapa teman bilang agak aneh,tapi begitulah kenyataan-nya:)

3. Surat Keterangan atau Surat Referensi dari Kantor
Surat ini harus mencantumkan bahwa traveler-nya benar-benar karyawan di kantor tersebut dan akan cuti berapa lama,dan perusahaan menjamin bahwa sepulang dari UK traveler akan kembali bekerja di perusahaan tersebut dan semua biaya selama di UK adalah tanggung jawab dari traveler. 

4. Slip Gaji 3bulan terakhir

5. Rekening Koran 3 Bulan Terakhir dan Surat Referensi Bank
Nahh yang ini paling sering ditanyakan orang-orang harus punya saldo berapa untuk bisa ke UK? karena saya backpacker,saya tidak punya duit banyak seperti umum-nya orang-orang kaya yang trip ke UK. Hitung saja kamu akan berapa lama di UK,anggap aja biaya hidup sehari 1jt, jadi kalau kamu liburan selama 10 hari, biaya hidup selama di sana 1jt x 10hari+biaya tiket pp+biaya hotel+ongkos ini itu. Sejumlah itulah yang harus ada di saldo rekening Bank.Surat Referensi dari Bank itu harus berbahasa Inggris dan mencantumkan kalau kamu adalah benar-benar nasabah di bank tersebut sejak kapan.

6.Booking Code Tiket dan Hotel selama di UK
Nah kalau kamu tidak yakin dengan visamu akan di terima atau tidak,kamu bisa memasukkan Kode Booking tiket atau hotel yang akan kamu tempati selama di UK.Dan juga kamu harus membuat ittenarary selama di UK.

7.Surat Jaminan atau Invitation Letter dari penjamin selama di   UK (berikut rekening Bank-nya dan bukti bahwa si penjamin tinggal di UK).
Berhubung waktu saya ke UK adik kandung saya sementara bersekolah di sana, maka dia yang menjadi penjamin saya selama 2 minggu. Dan saya mencantumkan kalau saya selama di sana tinggal di rumah-nya.

8.Mengisi Form Aplikasi Visa di https://www.visa4uk.fco.gov.uk/home/welcome 

Nah ini yang paling penting, terlebih dahulu mengisi aplikasi dan meregister data diri di web visa4uk. Kita bisa pelan-pelan kok mengisi-nya. Setelah kita benar2 yakin dengan kelengkapan dokumen, kita bisa membuat janji dengan pihak VFS kapan akan menyerahkan dokumen2 tersebut. Untuk lengkap-nya bisa dibaca di web-nya langsung

Lama pembuatan visa UK ini kurang lebih 3minggu, selama menunggu visa tersebut keluar agak worry juga sih, diterima apa nggak yaa..dan tanggal 10 Juni, teman saya yang di jakarta mengambilkan passport saya. Pas dibuka??? Yeayyyyyyyy visa UK saya Approved!!!


Lesssgohhhh to Great Britain.....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar